Senin, 03 Desember 2012

karakteristik manusia berdasarkan ilmu psikologi

coy nih ada artikel gua bagi buat kawan-kawan yang mungkin menarik, sekarang coy kita membahas tentang karaktersitik manusia.
pada dasarnya coy manusia merupakan mahkluk yang paling sempurna diantara mahkluk-mahkluk lainnya bisa dikatakan kita lah mahkluk tuhan paling seksi , hehehehehe kayak lagunya Mulan Jamila yah, dari tinjauan sikologisnya manusia memilki empat karakteristik yaitu :

1.  psikoanalisis
2.  behavioristik
3.  kognitif
4.  humanistic

empat karakteristik manusia ini yang di ketahui dan memang secara realita karakteristik inilah yang ada dan sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dari dari empat karakteristik di atas salah satunya mungkin kita miliki, untuk lebih jelasnya maka kita akan uraikan pengertian dari empat karakteristik diatas :

1. psikonalisis
     
        psikonalisis merupakan karakteristik yang lebih condong kepada keinginan di luar alam bawah sadar yang dalam sehingga tingkah laku individu banyak di dasari oleh hal-hal yang tak disadari artianya bahwa karakter ini adalah karakter yang rentan dengan kondisi kejiwaan dan psikonalis ini mayoritas  kita jumpai pada orang yang mengalami gangguan jiwa dan memerlukan  terapi psikolog. Psikonalis ini juga di kenal dengan teori psikonalisis tokoh yang mempopulerkannya yaitu sigmund freud yang mengatakan bahwa psikonalisis ini merupakan teori yang di peruntukkan pada gangguan kejiwaan, konsepsi teori ini di sebut juga homo volens atau manusia yang berkeinginan.

2. Behavioristic

        Behavioristic ini merupakan karakter manusia yang tidak mau mempersoalakan masalah rasional dan emosional dan karakter ini lebih menitik beratkan pada yang nampak saja,yang dapat di ukur,dilihat,dan diramalkan. Krakter manusia yang seperti ini berfikiran bahwa seluruh prilaku manusia dari hasil belajar dan karakter ini hanya ingin mengetahui bagaimana prilakunya hanya di kendalikan oleh faktor-faktor lingkungan saja. konsepsi dari behaviorisme ini disebut juga homo mechanicus atau manusia mesin.

3.   Kognitif
  
        Kognitif karakter ini adalah karakter yang paling sempurna dari dua karakter diatas karena karakter ini adalah karakter yang memandang bahwa lingkungan merupakan faktor utama dalam kehidupan, yang berpendapat bahwa lingkungan merupakan faktor utama dalam perkembngan pemikiran konsepsi dari karakter koginif ini disebut juga homo sapiens yaitu mahkluk yang selalu berfikir.

4.    Humanistic

          Humansitic adalah karakter manusia yang revolusioner karena karakter ini meamandang bahwa manusia bukan saja sebagai pelaku dalam masyarakat, bukan saja pencari dentitas tetapi juga pencari makna humanis ini juga di konsepsikan oleh carl rogers dengan pandangan bahwa manusia harus berkembang atau Homo ludens

ok coy itu tadi penjelasan mengenai kareakter manusia berdasarkan ilmu sikologis semoga bermanfaat coy dalam kehidupan sehari-hari dan juga menjadi bahan perbandingan dalam diri kita masing-masing.

( jimmy.raikonen.blogspot.com )

          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar